Oleh: poskebaktian | 1 Januari 2010

WARTA

MENJADI TUA ITU WAJAR DAN ALAMIAH

Setiap makhluk hidup mengalami siklus yang mencakup tahap-tahap perubahan didalam kehidupannya. Ia juga terikt oleh waktu dan kefanaan. Smua mengalami fase-fase keberadaan seperti: lahir,(beberapa diantaranya menetas) tumbuh dewasa, tua dan mati. Semua mengalai, dan itu dalah proses alamiah dan oleh karena itu wajar dan umum.

Demikian juga dalam proses hidup manusia: setiaap orang juga mengalami prose situ. Setiap hari kita bersama-sama bertumbuh, berubah, bersama-sama bertambah usia, menjadi tua, dan semuanya akan mati. Itu adalah hal yang umum, alamiah, dialami oleh tiap orang dan oleh karena itu juga wajar.

Namun demikian, ketika perubahan-perubahan itu dialami oleh seorang manusia, terutama ketika dengan bertambahnya usia itu seseorang menjadi tua dan mengalami kemunduran dalam beberapa hal, manusia merasa takut, cemas kecewa, tidak bisa menerima keadaan dan putus asa. Dalam penderitaan semacam itu orang merasa sepetinya hanya dia sendirilah yang mengalami penderitaan itu, lalu orang merasabahwa hidupnya sudah tidak lagi berarti. Orang cenderung sulit menerima kenyataan itu dengan sikap wajar.

Berbagai sindrom seperti post power syndrome dan sindrom-sindrom ketuaan lain sering menggejala didalam kehidupan masa tua. Dan sering orang tua-pun harus berjuang untuk mengatasi da menerima kenyataan yang sebenarnya alamiah dan wajar itu dengan dengan susah payah. Kadang-kadang berhasil, tapi kadang-kadang tidak. Sebagian mengalami kegagalan dam hidup yang telah dijalaninya, yang semula indah, pada akhirnya justru kehilangan keindahannya.

Usia boleh tua, tapi mari semangat hidup tetap menyala. Sukacita pada masa tua adalah anugerah Tuhan tersendiri, yang tidak setiap orang dapat menerima dan memahaminya.




Responses

  1. Sesuai dengan isi kotbah -nya Bp. Pdt. Em. Wahyu Nugroho, pada acara Keb. Padang Adiyuswa GKJ se Bandung Raya, bulan Agustus yang lalu di Wisma “Sandle Wood”, bahwa menjadi tua adalah suatu keniscayaan, tetapi menjadi dewasa adalah suatu pilihan.

    Semangat terus para adiyuswa GKJ, Gusti tansah mberkahi ….

    • matur nuwun pak Budi, kalau mau nulis kabar-2 or renungan singkat bisa di email ke saya dulu nanti saya masukkan ke blog. Syukur kalau GKJBB buat blog sendiri, kita bisa joint beritanya/or renungannya gimana??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: